Entri terbaru

Rabu, 02 Maret 2011

Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD)



Ilmu Sosial Budaya Dasar
(ISBD)
Pendahuluan
Dosen pengampu : Drs. Ana maulana, M.Pd

v  Sarjana di harapkan memiliki tiga jenis kemampuan, antara lain ;
1. Kemampuan personal/ personality, merupakan kemampuan yang memilki pengetahuan sehingga mampu menunjukan sikap, tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan kepribadian indonesia, memahami dan mengenal nilai-nilai agama dan kemasyarakatan dan kenegaraan.
2. Kemampuan akademik, merupakan kemampuan komunikasi ilmiah, lisan dan tulisan dan berfikir secara logis, kritis, sistematik dan analitik. ( rasional, empiris, general (umum), sistematis, metodologi, akumulatif)
3. Kemampuan profesional, yang dimana mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi di dalam bidang profesi nya.

v  Harapan yang muncul dari diri manusia :
A. Manusia yang unggul (cerdas) secara intelektual
B. Anggun secara moral
C. Kompoten menguasai iptek
D. Memiliki komitmen tinggi untuk berbagi peran sosial

v  Konsep 5M yang menjadi dasar seorang diri agar dapat mencapat suatu harapan yang diinginkan :
A. Mengetahui
B. Mengerti
C. Memahami
D. Menghayati
E. Mengamalkan  (aktualisasi diri)


v  Adapun ciri-ciri kepribadian indonesia sebagai berikut :
 A. Sadar akan hak, kewajiban dan tanggung jawab, etis moril dan politis terhadap kepentingan bangsa dan negara yang ditampilkan dengan wujud keteladanan yang baik
B. Dengan sadar mentaati hukum dan UUD’45, memiliki disiplin pribadi serta disiplin sosial dan kesadaran nasional yang teguh dan tidak sempit (chauvinistis)
C. Berpandangan jauh kedepan, memiliki tekad perjuangan untuk mencapai taraf kehidupan bangsa yang lebih tinggi didasarkan pada kemampuan objektif dan kekuatan kolektif bangsa indonesia
D .Aktif dan kreatif dalam berkehidupan berbangsa dan bernegarankhususnya dalam kegiatan pembangunan nasional dan pembangunan politik
E. MAMPU MENILAI ULANG GAGASAN ASING DAN NILAI-NILAI ASINGYANG TIDAK SESUAI DENGAN KEPRIBADIAN KEPRIBADIAN BANGSA

v  Perbedaan status hidup:
Dimana posisi anda dalam kehidupan masyarakaTLapisan masyarakat atau bisa di sebut juga dengan stratifikasi sosial




UPPER CLASS


MIDDLE CLASS

LOWER CLASS

 

v   RURAL COMUNITY AND URBAN COMUNITY
                Focus of interest dalam pemenuhan kebutuhan pokok ( sandang, pangan dan papan) contoh nya saja pakaian, alat transportasi, makanan, tempat tinggal dan lain-lain. Dan didalam nya terdapat pula penilaian social yang beredar di masyarakat luas. Teori ini dikemukakan oleh Sherif dan Hovland (1961)mencoba menggabungkan sudut pandangan psikologi, sosiologi dan antropologi.mereka mengatakan bahwa dalil yan mendasar dari teorinyaini adalah oan yang membentuk situasi yang penting buat dirinya. Jadi ia tidak ditentukan oleh factor intern (sikap, situasi dan motif) maupun ekstern (obyek, orang-orang dan lingkungan fisik). Interaksi dan factor intern dan ekstern inilah yang menjadi kerangka acuan dari setiap perilaku. Pasokan-[sokan inilah yang dianalisis oleh Sherif dalam teorinya dan dicari sejah mana pengaruhnya terhadap penilaian social dilakukan oleh individu.

v  Perbedaan manusia barat dan timur
Cita-cita hidup manusia barat adalah mempunyai sikap aktif, mereka aktor dari kehidupan dan terus berpetualang dalam hidupnya. Nilai tertinggi dalam hidup datang dari dalam, menerima keadaan, mengumpulkan pengalaman, mengintegrasikan diri dan wktu demi kesempurnaanya.
Setatus personal adalah menghargai hak individu sehingga membentuk peribadi yang percaya diri, terus terang, keritis, dan berani menjadi keberadan manusia baru, berarti apabila ia tidak memisahkan diri dari masyarakat dan berpikir secara sosial, kolektif.
v  Perbedaan manusia barat dan timur

ü  Pengetahuan
Pada manusia bagian barat, mereka mengutamakan akal sebagai alat penalaran dan memperoleh pengetahuan. Abstraksi sangat penting dalam memahami hidup, dan sebagai pengetahuan. Karena pengetahuan berguna untuk menguasai dunia.
Pada manusia bagian timur, mereka mengutamakan hati yang meruoakan alat pemersatu akal dan intuisi atau intelegensi dan perasaan. Menekankan pada symbol yang sifatnya konkret.pengetahuan berguna untuk menjadi lebih bijaksanadalam menghadapi hidup yang sulit.

ü  Sikap terhadap alam

Pada manusia bagian barat, mereka mempunyai potensi untuk menguasai alam, karena manusia barat berjarak dengan alam. Muncul ekploitsi dan ekspansi.
Pada manusia bagian timur,, mereka lebih bias menghormayi alam karena menganggap alam dan manusia merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan satu kesatuan yang tak terpisahkan (holistic) yang muncul pada saat harmonisasi.


v  Persamaan manusia barat dan timur
Yang pertama adalah suatu yang absolute dan dimana merupakan sumber dari segala sesuatu yang terjadi atau bias disebut juga dengan penyebab pertama.
Dan yang kedua bahwa mereka sama-sama menghadapi pertanyaan dasar tentang manusia dan dan mempunyai wawasan yang sama tentang dimana manusia dapat menemukan alat untuk memenuhi nya.



                                               
                                   
                                    

1 komentar: